A.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
2.1
Definisi Komputer
Komputer adalah
alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.
Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya
melakukan perhitungan aritmatika, dengan tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi
computer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Secara luas, komputer dapat didefenisikan
sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat
bekerja sama antara komponen satu denga yang lain untuk menghasilkan suatu
informasi berdasarkan program data yang ada. Adapun komponen computer adalah
meliputi: layar monitor, cpu, keyboard, mouse, dan printer sebagai pelengkap.
Tanpa printer computer tetap dapat melakuakan tugasnya sebagai pengolah data,
namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out atau
kertas.
Dalam defenisi
tersebut dapat dilihat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik dari abkus dan
seterusnya, sampai semua komputer elektrinik yang kontemporer. Istilah yang
lebih baik yang cocok untuk arti yang luas seperti komputer adalah memproses
informasi atau system pengolah informasi.
2.2 Penemuan Pertama
Komputer
Charles Babbage yang
lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari
Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Museum
Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah
mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna,
yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat
diimplementasikan. Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79
tahun, meninggalkan anak ; Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore
Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage
(1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry
Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage
(1829).
Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.
Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan. Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz.
Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam
bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan
berjudul "Note on the application of machinery to the computation of
astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan
mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14
Juni 1822.
Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar.
Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar.
Sesudah
matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang. Tahun 1937,
tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken,
sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan
mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken
sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun
sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain
menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer
berkembang pesat. Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa
depan, sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih
besar ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama
dalam perancangan ENIAC). Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu
Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah
membuat sumbangan setara dengan Babbage. Pascal, seorang matematikus, filosof dan ilmuwan perancil
menumukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642.
Di tahun 1671 Gottfired Wilhelm Von Leibniz, seorang
filosof dan matematikus merancang mesin yang dapat menjumlah, mengurangi,
mengalikan dan membagi. Leibniz juga orang pertama yang menunjukkan arti
penting "sistem binary," yaitu sistem penjumlahan dengan dua
"digit" yang dalam jaman modern ini secara luas digunakan dalam mesin
komputer. Dan orang Perancis lainnya, Jacquard, yang di awal abad ke-19 sudah
menggunakan sistem pengisian komputer untuk mengawasi alat tenun. Alat tenun
Jacquard yang laku deras secara komersial, punya pengaruh besar terhadap
pemikiran Babbage. Boleh jadi mempengaruhi juga Herman Hollerith, seorang Amerika yang di penghujung abad 19 menggunakan sistem
pengisian komputer untuk membuat kolom data di Biro Sensus.
2.3
Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah komputer
sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia
juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam
penghitungan dan pengolahan data supaya bias mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer
yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan
manusia sejak dahuku kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer
dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari
sekedar perhitungan matematik biasa. Di antaranya adalah sistem komputer di
kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon
yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet
yang mengghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimanapun
juga alat pengelola data dari sejak zaman purba sampai saat ini bisa kita
golongkan kedalam 4 golongan besar.
1. Peralatan
manual: yaitu peralatan pengolaan data yang sangat sederhana dan faktor
terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga manusia.
2. Peralatan
mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan
tangan secara manual.
3. Peralatan
mekanik elektronik: peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oleh
motor elektronik.
4. Peralatan
elektronik: peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh tulisan ini akan
memberikan gambar tentang sejarah komputer dari masa kemasa, terutama alat pengelola
data.
Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik Abacus,
yang munul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di
beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin
komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan
menggunakan biji-biji geseryang diatur pada sebuah rak. para edagang di masa
itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi pedagangan. seiring dengan munculnya pensil dan kertas, teruama
di Eopa, abacus kehilangan populritasnya. Setelah hampir 12 abad,muncul
penemuan lain dalam hal mesin komputer. Pada tahun 1642, Blaise Pascal
(1623-1662), yang pda waktu itu berumur 18 tahun, mnemukan apa yang ia sebut
sbagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu
ayahnya melakukn perhitungan pajak.
Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan pascaline,
menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga
delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan
alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan tahun 1694, seorang
matematikawan dan Filsuf Jerman, Gottfred Wilhem Von Leibniz (1646-1716)
memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalihkan. Sama seperti
pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh pascal, Leibinz
dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai
popular. Charles Xavier Thomas De Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan
empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer,
mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalm kalkulasi karena alat
tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia
I. Bersama-sama dengan pascal dan Leibinz, Colmar membantu membangun era
komputasi mekanikal.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh
seorang professor matematika inggris, Charles Babbage (1791-1871) tahun 1812, Babbage
memperhatikan kesesuaian alan antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin
mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berualngkali tanpa
kesalahan, sedang metematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu
langkah-langkah tertentu.
Masalah tersebut kemudian berkembang hingga
menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha
Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika
ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukanperhitungan persamaan differensial.
Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap,
mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta
mencetak serta mencetak hasilnya secara otomatis.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama
sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer
general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage,
Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.
Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan
mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu,
pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi
untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita
yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah
bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap
Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif
apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut
menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan
sebuah konsep penting.
Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, disain dasar
dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang)
yang berisi intruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith
(1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan
penghitungan. Tugas pertamanya adalh menemukan car yang lebih cepat. untuk
melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang
dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan
perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa
dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk
memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik.
Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat
tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain
memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai
media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara
drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke
masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang
kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami
beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga
memproduksi alat pembaca kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi
digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintah untuk pemerosesan data hingga
tahun 1960.
Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat
penemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator
untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat
menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit
oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan
gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903,
John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang
menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan
pada hasil kerja George Boolean (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang
menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau
salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik
dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik
pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber
pendanaan.
2.4 Sejarah Komputer
Menurut Periodenya
2.3.1 Komputer Generasi Pertama 1940-1959
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara
yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk
mengeksploitasi potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer
Z3, Untuk mendesain pesawat terbang dan
peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan
kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah
kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang
digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi
perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan
merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didisain
untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaanya
hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat
itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang
insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator
elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah
lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM
Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai
elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen
mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik
untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat
diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan
persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan
komputer lain pada masa ini adalah
Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh
kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.
Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,
komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya
sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan
John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general
purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.Pada
pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desain komputer yang
hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable
Automatic Computer
(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk
menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk
berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci
utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang
memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber
tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh
Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model
arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General
Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC
dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam
pemilihan presiden tahun 1952. Komputer
Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat
secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program
kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine
language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi
kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum
(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder
magnetic untuk penyimpanan data.
2.3.2 Komputer Generasi Kedua 1959-1964
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat
mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan
komputer generasi
kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat
energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi
baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin
dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan
singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai
bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di
universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini
merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki
komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini:
printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah
satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara
luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program
yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan
kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.
Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur
pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung
daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan
kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang
lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk
memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan
(programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga
mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
2.3.3 Komputer Generasi
Ketiga 1964-1970
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli
tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat
berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.
Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang
insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC:
integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik
dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para
ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam
suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi
semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan
komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating
system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda
secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi
memori komputer.
2.3.4 Komputer Generasi
Keempat 1970-1980an
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas
yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale
Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun
1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam
sebuah chip tunggal.Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah
tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen
dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya
harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi
dan kehandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan
meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,
memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.
Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk
memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap
perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan
electronic fuel injection dilengkapi dengan mikro prosesor. Perkembangan yang
demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah.
Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer
menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini,
yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan
oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah
program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti
Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih
dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal
Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang
digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di
tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan
evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas
meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas
(laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing
dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh
menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara
saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga
mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa
sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di
tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring
dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,
piranti lunak, informasi,
dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer
jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik
untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat
berkembang menjadi sangat besar.
2.4.5 Komputer Generasi
Kelima 1980an Sampai Sekarang
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi
cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer
generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke
berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan
dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial
intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan
manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengelamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak
fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer
dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan
untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak
sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga
ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada
konteks dan pengertian daripada sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan di bidang disain komputer
dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua
kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan
menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem
yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan
lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa
ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi
kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk
untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah
gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer
generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di
dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
IBM memasuki pasar komputer
komputer elektromekanik pertama merupakan hasil dari penelitian yang disponsori
IBM. Hasilnya, Mark I, rampung pada tahun 1944 oleh seorang profesor
Universitas Harvard, Howard Aiken. Pada saat itu, IBM memonopoli peralatan
pemroses data punched-card. Pimpinam IBM tidak merasa bahwa komputer tersebut
(UNIVAC I) bisa menggantikan mesin punched-card, untuk itu mereka tidak mau
memasuki pasar. Belum sempat UNIVAC I sukses, IBM membuat keputusan baru untuk
mengembangkan dan memasuki pasar komputer. Produk IBM pertama yang di jual di
pasaran adalah IBM 701 pada tahun 1953. Hebatnya, IBM 650 diperkenalkan pada
tahun berikutnya yang mungkin dengan alasan IBM cukup meraih keuntungan yang
besar pada tahun sebelumnya. Untuk menyingkirkan pesaingnya, IBM 650 dibuat
supaya bisa meng-upgrade mesin-mesin punched-card yang ada. Itu karena IBM.
Ciri Komputer Generasi Kelima:
1. Komputer generasi kelima sedang dalam pengembangan. Komponen yang digunakan
adalah VLSI (Very Large Scale
Integration)
2. Komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer
yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat
melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat, dsb.
2.4.6 Komputer Generasi Keenam (Masa Depan Keenam)
Dengan
Teknologi
Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan
bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita
seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa
ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip
yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini
kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap
penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin
digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang
juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan
pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer)
ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
2.5 Kemungkinan Komputer Masa
Depan
Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki
kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu
membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan
buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan
untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi
langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa
depan akan lebih menakjubkan. 650 memproses data
dengan sebuah cara yang mirip dengan cara tradisional pada mesin punched-card.
B. SOFTWER DAN
HARDWARE
2.5 Pengertian, Software, Hardware
dan Driver
2.5.1 Software dan Hardware
Software yaitu perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware
atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang
dapat dilihat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak
tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara
fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya. Sedangkan hardware adalah perangkat keras
sebuah alat atau benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi
tertentu. Secara fisik ada wujudnya dan bentuknya
Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang
disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer
itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.
melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer. Software adalah Istilah umum
untuk berbagi jenis program yang digunakan untuk mengoperasikan computer dan
perangkat terkait. (Hardware istilah menggambarkan aspek-aspek fisik dari
komuter dan perangkat yang terkait.
Software dapat
dianggap sebagai bagian variabel dari sebuah komputer dan perangkat keras
bagian invariabel. Software sering dibagi menjadi perangkat lunak aplikasi
(program yang melakukan pekerjaan secara langsung pengguna tertarik pada) dan
perangkat lunak sistem (termasuk sistem operasi dan program yang mendukung
aplikasi perangkat lunak). Istilah middleware kadang-kadang digunakan untuk
menggambarkan pemrograman yang menjadi perantara antara perangkat lunak
aplikasi dan sistem atau antara dua macam perangkat lunak aplikasi (misalnya
mengirimkan permintaan kerja jarak jauh
dar aplikasi di sebuah kompter
yang memiliki satu jenis sistem operasi untuk
aplikasi komputer dengan sistem persi
yang berbeda.
Dengan
kemampuan terbatas beberapa ulilitas sistem dengan operasi seperti aplikasi
utilitas cenderung secara terpisah terinstal dan mampu digunakan secara
independen dari sisa sistem operasi. Software dapat dibeli atau diperoleh
sebagai shareware (biasanya ditujukan untuk dijual setelah masa percobaan),
liteware (software dengan beberapa kemampuan dinonaktifkan), freeware (gratis
perangkat lunak namun dengan pembatasan hak cipta), perangkat
lunak ,shareware,dan freeware download melalui internet. Sebuah tren baru adalah perangkat perangkat lunak yang dibuat
tersedia untuk digunakan disitus laen yang dikenal sebagai penyedia layanan
aplikasi.
Software ini sering dikemas dalam CD-ROM dan
Disket,hari ini banyak membeli perangkat lunak,shaware,dan freeware download
melalui internet. Sebuah tren baru adalah perangkat lunak yang dibuat tersedia
untuk digunakan disitus lain yang dikenal sebagai penyedia layanan aplikasi. Firmware atau microcode adalah pemrograman yang dimuat
ke area khusus pada mikroprosesor atau memori hanya untuk dibaca dalam waktu
satu atau dasar jarang terjadi sehingga selanjutnya tampaknya menjadi bagian
dari perangkat keras.
2.5.2
Driver
Driver
adalah software yang menjembatani antara hardware dengan komputer. Misalnya
kita ingin meng-connect modem kita dengan laptop. Harus ada driver
khusus untuk menghubungkan modem agar modem tersebut bisa dibaca oleh laptop.
Kita analogikan Driver ini adalah seorang sopir. Dan hardware-nya adalah mobil.
Pastinya untuk mengendarai mobil, perlu sopir khusus untuk mobil itu. Tidak
sembarang sopir bisa menyetir semua mobil. Jadi, perlu sopir khusus untuk bisa
mengendarai mobil tertentu. Tapi, Driver ini lebih spesifik pada hardware
tertentu. Kalau flashdisk di colokin ke USB, pasti kebaca oleh komputer karena
di komputer sudah ada driver-nya. Kalaupun tidak ada driver-nya, flashdisk
tersebut masih bisa dibaca oleh kernel dari Sistem Operasi.
Driver biasanya ada yang sudah dimasukkan ke OS jadi ketika kita
menginstall OS, kita tak perlu lagi menginstall driver bagi hardware tertentu.
Tidak semua driver hardware di masukkan pada paket penginstallan OS. Jadi ada
beberapa hardware yang harus diinstal sendiri drivernya. Dan biasanya juga
driver yang ada pada paket penginstallan OS itu adalah driver universal. Jadi
bisa saja ada beberapa fitur hardware yang tidak bisa digunkan. Oleh karena itu
dianjurkan untuk mengistall driver hardware yang ada pada komputer anda dengan
driver yang berasal dari pabriknya atau melalui website resmi website tersebut. Selain driver,
ada juga satu applikasi tambahan dari driver yaitu software hardware controller
kalau menurut bahasa saya sendiri. Yang merupakan applikasi yang tujuannya
untuk mengatur beberapa fitur yang dimiliki oleh sebuah hardware. Seperti kita
mengatur setting vga agar game yang dijalankan sempurna, atau melakukan overclocking
pada processor? Aplikasi tersebut biasanya didapatkan satu paket dengan driver
yang kita ambil dari website resmi hardwarenya atau ketika membeli hardware
tersebut. Yang mempunyai aplikasi ini biasanya dominan pada hardware seperti
vga dan souncard.
2.6 Sejarah Perkembangan Software
Software Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement
yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh
komputer. Software Komputer ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau
perubahan dari tahun ke tahun dalam perkembangannya. Berdasarkan
perkembangannya, Sejarah Perkembangan Software
Komputer dibagi dalam
beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah
Sejarah Perkembangan Software Komputer :
1. Era Pioneer. Pada Era Pioneer ini bentuk software
komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam
komputer, Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu
kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara
langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan
tertentu. Di era ini software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2. Era Stabil. Pada Era Stabil ini baris-baris
perintah software komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu,
tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking).
Software Komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi
user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal
sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .
3. Era Mikro. Pada Era Mikro ini software komputer
dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa
Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4. Era Modern. Pada Era Modern ini software komputer
tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi sebuah handphone pun telah di
lengkapi dengan sebuah software sistem seperti Android, Symbian, dll. Tingkat
kecerdasan yang ditunjukkan oleh software komputer pun semakin meningkat,
selain permasalahan teknis, software komputer sekarang juga mulai bisa mengenal
suara dan gambar.
2.7Jenis-jenis Software
Selama ini kita hanya
mengenal dua jenis software, yaitu software berbayar (atau biasa disebut
proprietary software) dan open source software. Kasarnya, software berbayar dan
software tidak berbayar. Seringkali kita mendengar jargon untuk menggunakan
open source software untuk menekan angka pembajakan software. Namun seringkali
yang ditonjolkan dari open source software adalah murah atau gratisnya. Padahal
pemahaman tersebut tidak sepenuhnya benar. Tidak semua open source software itu
gratis. Namun secara umum, ada banyak sekali jenis-jenis software beserta
definisi-definisinya. Berikut ini adalah jenis-jenis software yang ada saat
ini:
1. Software Gratis (Freeware)
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer
berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware
yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan
tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat
gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada
komunitas”, namun juga tetap
ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol
terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai
program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh
utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga
didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
2. Software Bebas (Free Software)
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus
gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat
lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan:
program-program di bawah GPL, sekali
diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara
bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi
penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan
berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware,
shareware atau adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program
dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Ada empat jenis kebebasan bagi para pengguna perangkat lunak, yaitu:
- Kebebasan untuk menjalankan
programnya untuk tujuan apa saja
- Kebebasan untuk mempelajari
bagaimana program itu bekerja serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan
pengguna. Akses pada kode program merupakan suatu prasyarat.
- Kebebasan untuk menyebarluaskan
kembali hasil salinan perangkat lunak tersebut sehingga dapat membantu
sesama pengguna.
- Kebebasan untuk meningkatkan
kinerja program, dan dapat menyebarluaskan ke khalayak umum sehingga semua
menikmati keuntungannya.
Istilah Open source software digunakan oleh beberapa pihak
yang artinya kurang lebih sama dengan Free Software tetapi lebih untuk
menghindari istilah Free/bebas yang sering diartikan gratis, disamping juga
untuk menarik para pengguna bisnis. Gabungan dari Free Software dan Open Source
Software membentuk istilah yang lebih dikenal dengan Free Open Source Software.
Inilah yang saat ini sedang digalakkan untuk menekan angka pembajakan di
Indonesia, salah satunya adalah IGOS (Indonesia, Go Open Source).
3.
Software Trial (Shareware)
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu
tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai
demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau
dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) .
Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk
menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program.Sebuah
contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus,
perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang
hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program
akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap
menggunakannya. Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya,
namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware.
Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang
memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk
dengan cara iklan banner atau pop-up.
4. Open
Source Software
Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa
intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan
pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika
dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar,
mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi
kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa
tanggung jawab.
Open source software seringkali rancu dengan free software,
padahal ada sejumlah hal yang harus dipenuhi bila dianggap sebagai open source
software, yaitu bebas didistribusikan tanpa adanya persyaratan royalty, program
harus memiliki source code, lisensi harus bisa dimodifikasi dan diturunkan,
integrity dari pembuat source code, lisensi tidak mendiskriminasi seseorang
atau sekelompok orang, tidak ada diskriminasi melawan area pengembangan, hak
cipta pada suatu program harus mampu diaplikasi dan didistribusi kembali oleh siapapun,
lisensi tidak mengacu pada spesifikasi suatu produk, lisensi tidak membatasi
tempat dimana software tersebut didistribusikan, dan lisensi harus berisi
teknologi yang netral.
Dan
ada beberapa jenis software komputer, berikut software – software tersebut :
1.
Operating sistem – software yang merupakan sumber dari software lainnya yang
dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh dari software
operating sistem ini adalah Window Vista, Mac OS X dan Linux
2.
Software Driver – Program in mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi
dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner, dan video cards.
3.
MLM Software – software mlm ini dapat membantu dan mempermudah
pebinsis mlm untuk mengatur, mengontrol dan memantau bisnis mlm. Contoh dari
software ini adalah e – wallet dan strategic management report
4.
Software Pendidikan – berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan
ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang
berhubungan seperti mengetik atau berbagai macam jenis pendidikan lainnya
seperti kimia.
5.
Software Produktifitas – Jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih
produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas
produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms
Words), Software pengatur database, software presentasi dan beberapa software
lainnya.
6.
Software Games - Jenis software ini termasuk dalam kategori entertainment atau
hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut
seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action
games, roleplaying games, and game petualangan.
7.
Media player dan pengembangan software media lainnya Software yang dibuat untuk
dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.
2.8 Fungsi dan Klasifikasi Software
Ada
beberapa fungsi dan klasifikasi memgenai software antara lain:
Fungsi software:
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh pekerjaan peralatan komputer terkontrol
- Mengatur dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien
Klasifikasi software:
1. Software bahasa
2. Software system operasi
3. Software CAD (Computer Aided Design)
4. Software paket aplikasi
5. Software utility
- Mengidentifikasi program
- Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh pekerjaan peralatan komputer terkontrol
- Mengatur dan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien
Klasifikasi software:
1. Software bahasa
2. Software system operasi
3. Software CAD (Computer Aided Design)
4. Software paket aplikasi
5. Software utility
2.9
Jenis-jenis Driver
Masalahnya adalah,sering kita tidak tahu spesifikasi hardware untuk
mencari driver yang cocok. Dulu kasus seperti ini sering saya alami saat
memperbaiki atau menginstal laptop customer. Daripada muter-muter berjam-jam
untuk mencari driver yang cocok,lebih baik kita tahu lebih dulu spesifikasi
hardwarenya. Inilah cara mengetahui jenis driver.
Perlu diketahui bahwa setiap device selalu disertai device ID dan
vendor (pihak penjual). Jika kita bisa menemukan ID-nya,maka kita bisa
menemukan pabrik pembuatnya. Nah Windows akan membantu kita menmukan vendor dan
device id-nya.
Caranya begini:
- Buka
Device Manager lewat sini |Control Panel|System|Hardware|Device Manager)
- Hardware
yang belum terinstal drivernya akan tampak notifikasi seperti ini:Unknown
device. Biasanya juga disertai ikon tanda seru (!) jadi sangat mudah
menemukannya.
- Klik
kanan pada unknown device tadi lalu klik |Properties|.
- Di
bawah jendela Properties klik |Details| tab lalu pilih |Device Instance
Id| dari drop down box.
- Sebagai
contoh, Anda akan lihat kode seperti ini:
PCIVEN_8086&DEV_27DC&SUBSYS_30868086&REV_014&1E46F438&0&40F0
Bagian yang
saya warnai merah adalah Vendor ID dan bagian yang saya warnai biru adalah
Device ID. Jelasnya begini:
Vendor ID = 8086
Device ID = 27DC
Jika sudah memperoleh data
ini,langsung pergi ke sini: PCI Database.
Masukkan kode vendor dan device pada kolom yang disediakan lalu klik |Search|.
2.10 Cara Kerja Driver
Secara
sederhana device driver sama seperti aplikasi lainnya, walaupun dengan beberapa
perbedaan yang sangat penting. Pertama, device driver tidak menggunakan jendela
dan icon untuk berkomunikasi dengan user, tetapi duduk diantara program yang
Anda gunakan dan hardware itu sendiri. Aplikasi biasa tidak akan men-crash
keseluruhan sistem jika terdapat bug, tetapi device driver harus ditulis secara
bersih dan dites supaya dapat bekerja sebagiamana mestinya.
Jika
program yang digunakan mengalami crash, windows generasi sekarang biasanya akan
mengisolasi program tersebut dan menghentikannya, mencegahnya supaya tidak
membuat keseluruhan OS lumpuh bersamanya. Karena divice driver berkomunikasi
dengan OS dan hardware, crash biasanya akan menghentikan sistem secara
keseluruhan-kita semua pernah melihat blue screen of death yang muncul tanpa
alasan jelas dan hampir selalu disebabkan oleh kesalahan device driver.Dalam
banyak hal device driver mirip dengan Dynamic Link Library atau file DLL yang
digunakan oleh windows dan setiap program untuk menyimpan bagian kode yang
sering digunakan.Pada waktu device driver berjalan,ia memberikan informasi
(yang disebut objek driver) ke windows mengenai kepada hardware mana ia
berkomunikasi dan apa yang dapat dilakukannya.
Daftar pustaka
Anonin.2009.
Sejarah Perkembangan Komputer.
Anonim.2010.
Sejarah Perkembangan Komputer.
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2009/07/penemu-komputer-pertama.html
http://www.bismillahslamet.com/2009/08/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar